Beliau adalah al-Imam Abul Hasan Ali
bin Ismail bin Abu Bisyr Ishaq bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin
Bilal bin Abu Burdah bin Abu Musa al-Asy’ari Abdullah bin Qais bin Hadhar salah
seorang sahabat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam yang masyhur.
Beliau Rahimahullah
dilahirkan pada tahun 260 H di Bashrah, Irak.
Beliau Rahimahullah dikenal
dengan kecerdasannya yang luar biasa dan ketajaman pemahamannya. Demikian
juga, beliau dikenal dengan qana’ah dan kezuhudannya.
Guru-gurunya
Beliau Rahimahullah mengambil ilmu kalam dari ayah tirinya, Abu Ali al-Jubai, seorang imam kelompok Mu’tazilah.
Beliau Rahimahullah mengambil ilmu kalam dari ayah tirinya, Abu Ali al-Jubai, seorang imam kelompok Mu’tazilah.
Ketika beliau keluar dari pemikiran
Mu’tazilah, beliau Rahimahullah memasuki kota Baghdad dan mengambil
hadits dari muhaddits Baghdad Zakariya bin Yahya as-Saji. Demikian juga,
beliau belajar kepada Abul Khalifah al-Jumahi, Sahl bin Nuh, Muhammad bin
Ya’qub al-Muqri, Abdurrahman bin Khalaf al-Bashri, dan para ulama thabaqah
mereka.
Taubatnya dari aqidah Mu’tazilah
Al-Hafizh Ibnu Asakir berkata di dalam kitabnya Tabyin Kadzibil Muftari fima Nusiba ila Abil Hasan al-Asy’ari, ”Abu Bakr Ismail bin Abu Muhammad al-Qairawani berkata, ‘Sesungguhnya Abul Hasan al-Asy’ari awalnya mengikuti pemikiran Mu’taziIah selama 40 tahun dan jadilah beliau seorang imam mereka. Suatu saat beliau menyepi dari manusia selama 15 hari, sesudah itu beliau kembali ke Bashrah dan shalat di masjid Jami’ Bashrah. Seusai shalat Jum’at beliau naik ke mimbar seraya mengatakan: Wahai manusia, sesungguhnya aku menghilang dari kalian pada hari-hari yang lalu karena aku melihat suatu permasalahan yang dalil-dalilnya sama-sama kuat sehingga tidak bisa aku tentukan mana yang haq dan mana yang batil, maka aku memohon petunjuk kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga Allah memberikan petunjuk kepadaku yang aku tuliskan dalam kitab- kitabku ini, aku telah melepaskan diriku dari semua yang sebelumnya aku yakini, sebagaimana aku lepaskan bajuku ini. maka beliau melepas baju beliau dan beliau serahkan kitab-kitab tersebut kepada manusia. Ketika ahlul hadits dan fiqh membaca kitab-kitab tersebut mereka mengambil apa yang ada di dalamnya dan mereka mengakui kedudukan yang agung dari Abul Hasan al-Asy’ari dan menjadikannya sebagai imam.’”
Al-Hafizh Ibnu Asakir berkata di dalam kitabnya Tabyin Kadzibil Muftari fima Nusiba ila Abil Hasan al-Asy’ari, ”Abu Bakr Ismail bin Abu Muhammad al-Qairawani berkata, ‘Sesungguhnya Abul Hasan al-Asy’ari awalnya mengikuti pemikiran Mu’taziIah selama 40 tahun dan jadilah beliau seorang imam mereka. Suatu saat beliau menyepi dari manusia selama 15 hari, sesudah itu beliau kembali ke Bashrah dan shalat di masjid Jami’ Bashrah. Seusai shalat Jum’at beliau naik ke mimbar seraya mengatakan: Wahai manusia, sesungguhnya aku menghilang dari kalian pada hari-hari yang lalu karena aku melihat suatu permasalahan yang dalil-dalilnya sama-sama kuat sehingga tidak bisa aku tentukan mana yang haq dan mana yang batil, maka aku memohon petunjuk kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga Allah memberikan petunjuk kepadaku yang aku tuliskan dalam kitab- kitabku ini, aku telah melepaskan diriku dari semua yang sebelumnya aku yakini, sebagaimana aku lepaskan bajuku ini. maka beliau melepas baju beliau dan beliau serahkan kitab-kitab tersebut kepada manusia. Ketika ahlul hadits dan fiqh membaca kitab-kitab tersebut mereka mengambil apa yang ada di dalamnya dan mereka mengakui kedudukan yang agung dari Abul Hasan al-Asy’ari dan menjadikannya sebagai imam.’”
Para pakar hadits (Ashhabul hadits)
sepakat bahwa Abul Hasan al-Asy’ari adalah salah seorang imam dari ashhabul
hadits. Beliau berbicara pada pokok-pokok agama dan membantah orang-orang
menyeleweng dari ahli bid’ah dan ahwa’ dengan menggunakan al-Qur’an dan Hadits
dengan pemahaman para sahabat. Beliau adalah pedang yang terhunus atas
Mu’taziah, Rafidhah, dan para ahli bid’ah.
Abu Bakr bin Faurak berkata, ”Abul
Hasan al-Asy’ari keluar dari pemikiran Mu’tazilah dan mengikuti madzhab yang
sesuai dengan para sahabat pada tahun 300 H.”
Abul Abbas Ahmad bin Muhammad bin
Khalikan berkata dalam kitabnya, Wafayatul A’yan (2/446), ”Abul Hasan
al-Asy’ari awalnya mengikuti pemikiran Mu’tazilah kemudian bertaubat.”
Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata dalam
kitabnya, al-Bidayah wan Nihayah (11/187), “Sesungguhnya Abul Hasan
al-Asy’ari awalnya adalah seorang Mu’tazilah kemudian bertaubat dari pemikiran
Mu’tazilah di Bashrah di atas mimbar, kemudian beliau tampakkan aib-aib dan
kebobrokan pemikiran Mu’tazilah.”
Al-Hafizh adz-Dzahabi berkata dalam
kitabnya, al-Uluw lil Aliyyil Ghaffar,” Abul Hasan alAsy’ari awalnya seorang
Mu’tazilah mengambil ilmu dari Abu Ali al-Juba’i, kemudian beliau lepaskan
pemikiran Mu’tazilah dan jadilah beliau mengikuti Sunnah dan mengikuti para
imam ahli hadits.”
Tajuddin as-Subki berkata dalam
kitabnya, Thabaqah Syafi’iyyah al-Kubra (2/246), ”Abul Hasan al-Asy’ari
-mengikuti pemikiran Mu’tazilah selama 40 tahun hingga menjadi imam kelompok
Mu’tazilah. Ketika Alloh menghendaki membela agamaNya dan melapangkan dada
beliau untuk ittiba’ kepada al-Haq maka beliau menghilang dari manusia di rumahnya.”
(Kemudian Tajuddin as-Subki menyebutkan apa yang dikatakan oleh al-Hafizh Ibnu
Asakir di atas).
Ibnu Farhun al-Maliki berkata dalam
kitabnya Dibajul Madzhab fi Ma’rifati A’yani Ulama’il Madzhab (hal. 193),
”Abul Hasan al-Asy’ari awalnya adalah seorang Mu’tazilah, kemudian keluar dari
pemikiran Mu’tazilah kepada madzhab yang haq madzhabnya para sahabat. Banyak
yang heran dengan hal itu dan bertanya sebabnya kepada beliau, Maka beliau
menjawab bahwa beliau pada bulan Ramadhan bermimpi bertemu Nabi Shalallahu
‘alaihi wasallam yang memerintahkan kepada beliau agar kembali kepada
kebenaran dan membelanya, dan demikianlah kenyataannya -walhamdulillahi
Taala-.”
Murtadha az-Zabidi berkata dalam
kitabnya Ittihafu Sadatil Muttaqin bi Syarhi Asrari lhya’ Ulumiddin (2/3),
”Abul Hasan al-Asy’ari mengambil ilmu kalam dari Abu Ali al-Jubba’i (tokoh
Mu’tazilah), kemudian beliau tinggalkan pemikiran Mu’tazilah dengan sebab mimpi
yang beliau lihat, beliau keluar dari Mu’tazilah secara terang-terangan, beliau
naik mimbar Bashrah pada hari Jum’at dan menyeru dengan lantang, ‘Barangsiapa
yang telah mengenaliku maka sungguh telah tahu siapa diriku dan barangsiapa
yang belum kenal aku maka aku adalah Ali bin Ismail yang dulu aku mengatakan
bahwa al-Qur’an adalah makhluk, bahwasanya Allah tidak bisa dilihat di akhirat
dengan mata, dan bahwasanya para hamba menciptakan perbuatan-perbuatan mereka.
Dan sekarang lihatlah aku telah bertaubat dari pemikiran Mu’tazilah dan
meyakini bantahan atas mereka,’ kemudian mulailah beliau membantah mereka dan
menulis yang menyelisih pemikiran mereka.”
Kemudian az-Zabidi berkata, “Ibnu
Katsir berkata, ‘Para ulama menyebutkan bahwa Syaikh Abul Hasan al-Asy’ari
memiliki tiga fase pemikiran: pertama mengikuti pemikiran
Mu’tazilah yang kemudian beliau keluar darinya, Kedua menetapkan tujuh
sifat aqliyyah, yaitu; Hayat, Ilmu, Qudrah, Iradah, Sama’, Bashar, dan Kalam,
dan beliau menakwil sifat-sifat khabariyyah seperti wajah, dua tangan, telapak
kaki, betis, dan yang semisalnya. Ketiga adalah menetapkan semua sifat
Allah tanpa takyif dan tasybih sesuai manhaj para sahabat yang merupakan
metode beliau dalam kitabnya al-Ibanah yang beliau tulis belakangan.’”
Murid-muridnya
Di antara murid-muridnya adalah Abul Hasan al-Bahili, Abul Hasan al-Karmani, Abu Zaid al-Marwazi, Abu Abdillah bin Mujahid al-Bashri, Bindar bin Husain asy-Syairazi, Abu Muhammad al-Iraqi, Zahir bin Ahmad as-Sarakhsyi, Abu Sahl Ash-Shu’luki, Abu Nashr al-Kawwaz Asy-Syairazi, dan yang lainnya.
Di antara murid-muridnya adalah Abul Hasan al-Bahili, Abul Hasan al-Karmani, Abu Zaid al-Marwazi, Abu Abdillah bin Mujahid al-Bashri, Bindar bin Husain asy-Syairazi, Abu Muhammad al-Iraqi, Zahir bin Ahmad as-Sarakhsyi, Abu Sahl Ash-Shu’luki, Abu Nashr al-Kawwaz Asy-Syairazi, dan yang lainnya.
Tulisan-tulisannya
Di antara tulisan-tulisan beliau adalah; al-Ibanah an Ushuli Diyanah, Maqalatul Islamiyyin, Risalah Ila Ahli Tsaghr, al-Luma’ fi Raddi ala Ahlil Bida’, al-Mujaz, al-Umad fi Ru’yah, Fushul fi Raddi alal Mulhidin, Khalqul A’mal, Kitabush Shifat, Kitabur Ruyah bil Abshar, al-Khash wal ‘Am, Raddu Alal Mujassimah, Idhahul Burhan, asy-Syarh wa Tafshil, an-Naqdhu alal Jubai, an-naqdhu alal Balkhi, Jumlatu Maqalatil Mulhidin, Raddu ala lbni Ruwandi, al-Qami’ fi Raddi alal Khalidi, Adabul Jadal, Jawabul Khurasaniyyah, Jawabus Sirafiyyin, Jawabul Jurjaniyyin, Masail Mantsurah Baghdadiyyah, al- Funun fi Raddi alal Mulhidin, Nawadir fi Daqaiqil Kalam, Kasyful Asrar wa Hatkul Atsar, Tafsirul Qur’an al-Mukhtazin, dan yang lainnya.
Di antara tulisan-tulisan beliau adalah; al-Ibanah an Ushuli Diyanah, Maqalatul Islamiyyin, Risalah Ila Ahli Tsaghr, al-Luma’ fi Raddi ala Ahlil Bida’, al-Mujaz, al-Umad fi Ru’yah, Fushul fi Raddi alal Mulhidin, Khalqul A’mal, Kitabush Shifat, Kitabur Ruyah bil Abshar, al-Khash wal ‘Am, Raddu Alal Mujassimah, Idhahul Burhan, asy-Syarh wa Tafshil, an-Naqdhu alal Jubai, an-naqdhu alal Balkhi, Jumlatu Maqalatil Mulhidin, Raddu ala lbni Ruwandi, al-Qami’ fi Raddi alal Khalidi, Adabul Jadal, Jawabul Khurasaniyyah, Jawabus Sirafiyyin, Jawabul Jurjaniyyin, Masail Mantsurah Baghdadiyyah, al- Funun fi Raddi alal Mulhidin, Nawadir fi Daqaiqil Kalam, Kasyful Asrar wa Hatkul Atsar, Tafsirul Qur’an al-Mukhtazin, dan yang lainnya.
al-Imam Ibnu Hazm Rohimahullah
berkata, “al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari memiliki 55 tulisan.
Di antara perkataan-perkataannya
al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari Rohimahullah berkata dalam kitabnya al-Ibanah an Ushuli Diyanah hal. 17: Apabila seseorang bertanya, “Kamu mengingkari perkataan Mu’tazilah, Qadariyyah, Jahmiyyah, Haruriyyah, Rafidhah, dan Murji’ah. Maka terangkan kepada kami pendapatmu dan keyakinanmu yang engkau beribadah kepada Allah dengannya!” Jawablah, “Pendapat dan keyakinan yang kami pegangi adalah berpegang teguh dengan kitab Rabb kita, sunnah Nabi kita Shalallahu ‘alaihi wasallam dan apa yang diriwayatkan dari para sahabat, tabi’in, dan para ahli hadits. Kami berpegang teguh dengannya. Dan berpendapat dengan apa yang dikatakan oleh Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal.”
al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari Rohimahullah berkata dalam kitabnya al-Ibanah an Ushuli Diyanah hal. 17: Apabila seseorang bertanya, “Kamu mengingkari perkataan Mu’tazilah, Qadariyyah, Jahmiyyah, Haruriyyah, Rafidhah, dan Murji’ah. Maka terangkan kepada kami pendapatmu dan keyakinanmu yang engkau beribadah kepada Allah dengannya!” Jawablah, “Pendapat dan keyakinan yang kami pegangi adalah berpegang teguh dengan kitab Rabb kita, sunnah Nabi kita Shalallahu ‘alaihi wasallam dan apa yang diriwayatkan dari para sahabat, tabi’in, dan para ahli hadits. Kami berpegang teguh dengannya. Dan berpendapat dengan apa yang dikatakan oleh Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal.”
Ringkas perkataan kami bahwasanya
kami beriman kepada Allah, para malaikatNya, kitab-kitabNya, para rasulNya,
dan apa yang dibawa oleh mereka dari sisi Allah dan apa yang diriwayatkan oleh
para ulama yang terpercaya dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam,
kami tidak akan menolak sedikitpun. Sesungguhnya Allah adalah Ilah yang Esa,
tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Dia, Dia Esa dan tempat
bergantung seluruh makhluk, tidak membutuhkan anak dan istri. Dan bahwasanya
Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam adalah hamba dan urusanNya. Allah
mengurusnya dengan membawa petunjuk dan dien yang benar. Surga dan neraka benar
adanya. Hari kiamat pasti datang, tidak ada kesamaran sedikitpun. Dan Allah
akan membangkitkan yang ada di kubur. Allah bersemayam di atas Arsy seperti
dalam firmanNya:
“Alloh bersemayam di atas ‘Arsy”. (QS. Thaha: 5)
“Alloh bersemayam di atas ‘Arsy”. (QS. Thaha: 5)
Allah. memiliki dua tangan, tapi
tidak boleh ditakyif, seperti dalam firmanNya:
“Telah Kuciptakan dengan kedua tangan-Ku”. (QS. Shad: 75) dan firmanNya
“Tetapi kedua-dua tangan Alloh terbuka.” (QS. al-Maidah: 64)
“Telah Kuciptakan dengan kedua tangan-Ku”. (QS. Shad: 75) dan firmanNya
“Tetapi kedua-dua tangan Alloh terbuka.” (QS. al-Maidah: 64)
Allah memiliki dua mata tanpa ditakyif,
seperti dalam firmanNya:
“Yang berlayar dengan pengawasan mata Kami.” (QS. al-Qamar: 14)
“Yang berlayar dengan pengawasan mata Kami.” (QS. al-Qamar: 14)
Siapa yang menyangka bahwa nama-nama
Allah bukanlah Allah maka sungguh dia sesat, Allah berilmu seperti dalam
firmanNya
“Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan ilmu-Nya.” (QS. Fathir: 11)
“Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan ilmu-Nya.” (QS. Fathir: 11)
Kita menetapkan bahwa Allah
mendengar dan melihat, kita tidak menafikannya seperti dilakukan oleh
orang-orang Mu’tazilah, Jahmiyyah, dan Khawarij.”
Beliau berkata dalam kitabnya
Maqalatul lslamiyyin wa lkhtilafil Mushallin hal. 290: Kesimpulan apa yang
diyakini oleh ahli hadits dan Sunnah bahwasanya mereka mengakui keimanan kepada
Allah, para malaikatNya, kitab-kitabNya, para rasulNya, dan apa yang dibawa
oleh mereka dari sisi Allah dan apa yang diriwayatkan oleh para ulama yang
terpercaya dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, mereka tidak akan
menolak sedikitpun. Dan bahwasanya Allah adalah Ilah yang Esa, tiada sesembahan
yang berhak diibadahi kecuali Dia, Dia Esa dan tempat bergantung seluruh makhluk,
tidak membutuhkan anak dan istri. Dan bahwasanya Muhammad Shalallahu
‘alaihi wasallam adalah hamba dan utusanNya.
Mereka memandang wajibnya menjauhi
setiap penyeru kepada kebid’ahan dan hendaknya menyibukkan diri dengan membaca
al-Qur’an, menulis atsar-atsar, dan menelaah fiqih, dengan selalu tawadhu’,
tenang, berakhlak yang baik, menebar kebaikan, menahan diri dari mengganggu
orang lain, meninggalkan ghibah dan namimah, dan berusaha memperhatikan
keadaan orang yang kekurangan.
Inilah kesimpulan dari apa, yang
mereka perintahkan, amalkan, dan mereka pandang, dan kami mengatakan
sebagaimana yang kami sebutkan dari mereka dan kepada ini semua kami bermadzhab,
dan tidaklah kami mendapatkan taufiq kecuali dari Allah.”
Wafatnya
al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari wafat di Baghdad pada tahun 324 H. Semoga Allah meridhoinya dan menempatkannya dalam keluasan jannahNya.
al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari wafat di Baghdad pada tahun 324 H. Semoga Allah meridhoinya dan menempatkannya dalam keluasan jannahNya.
Sumber: Siyar A’lamin Nubala’ oleh
Adz-Dzahabi 15/85-90, dan Tarjamah Abul Hasan al-Asy’ari oleh Syaikh Hammad
bin Muhammad al-Anshari cetakan ketiga 1390 H.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar